About SMP Negeri 1 Wonosari

4. Terpercaya/Amanah
  5. Jujur

Peringatan Hari Kartini SMP 1 Wonosari

Hari Senin, 29 April 2013, SMP 1 Wonosari memperingati Hari Kartini. Kegiatan tersebut diikuti oleh murid-murid dan guru dengan menggunakan pakaian adat Indonesia. Kegiatan itu diawali dengan diadakannya apel pagi. Setelah apel selesai, kegiatan diteruskan dengan lomba-lomba. Lomba-lomba tersebut antara lain Dimas Diajeng, Alih Aksara, Fotografi, SGT ( Spensa Got Talent ), dan Melukis Wajah Pahlawan. Kegiatan berakhir kira-kira pukul 12 siang.

8 KARAKTER SISWA SMP NEGERI 1 WONOSARI

6. CERDAS, KREATIF, INOVATIF
  7. CINTA TANAH AIR DAN BANGSA
  8. BERWAWASAN DAN BERDAYA SAING GLOBAL

SMP N 1 WONOSARI GOES TO MALANG !!!

Pada tanggal 9 sampai 12 Maret 2013, sekolahku mengadakan studytour ke Malang. Studytour ini dikhususkan untuk kelas 8. Kami pergi ke Malang pada 9 Maret 2013 pukul 20.00 WIB. Sebelum berangkat, kami melaksanakan apel dan berdoa bersama-sama di halaman sekolah. Setelah itu, aku dan teman satu busku masuk ke dalam bus A. Aku dibus A bersama Agnes, Hana, Fahmi, dan Nur. Salah satu temanku Anita, tidak mengikuti studytour karena sakit. Sementara di bus, aku hanya bermain HandPhone, dan bercanda dengan teman-tema. Karena mengantuk, akupun tidur.
Pada 10 Maret 2013, kami tiba di Surabaya. Kami melanjutkan perjalanan kami ke Asrama Haji untuk transit, mandi dan sarapan. Kami tiba di Asrama Haji pukul 06.30 pagi. Kemudian, kami menyeberangi jembatan Suramadu. Disana, kami mengambil gambar. Tapi, kami tidak turun dari bus. Setelah itu, kami pergi ke Taman Safari Prigen. Kami tiba di sana pukul 13.30. Di sana, kami melihat banyak binatang. Kami juga mengambil banyak gambar. Setelah itu, kami makan siang di bus. Kami melanjutkan tur kami ke BNS. Kami sampai di BNS pukul 16.30. Kami turun dari bus. Kami berkumpul dengan bus setiap orang untuk membagi tiket. Setelah itu, kami masuk. Didalam, aku dan temanku berjalan sambil mengambil gambar. Teman saya, Niken, Habib, Melan, Fretta, Mega dan Agnes mencoba masuk ke rumah hantu. Kami masuk dua orang tiap satu putaran. Aku dan Niken masuk bersama. Awalnya, tidak terjadi apa-apa. Tapi, setelah agak lama, ada banyak jebakan di dalamnya. Aku dan Niken takut karena jebakan itu. 3 menit kemudian, giliran kami selesai. Setelah itu, aku, Melan, Hana, dan Fretta naik Kursi Terbang. Ini wahana yang agak menakutkan tapi menyenangkan. Kami turun setelah 3 menit bermain di kursi terbang. Aku merasa pusing. Setelah itu, kita membeli oleh-oleh khas BNS. Saya membeli 2 buah kemeja untuk adik-adikku. Kemudian, aku dan teman-teman sudah kembali ke bus. Karena sudah malam, kami melanjutkan perjalanan ke Villa. Kami tiba di Villa sekitar pukul 21.00 WIB. Aku menempati Villa pertiwi di kamar 4 bersama Agnes dan Hana. Kami berganti pakaian untuk tidur.
Hari kedua, setelah bangun, kami mandi kemudian sarapan bersama-sama. Aku dan teman sekelasku setuju untuk menggunakan kaos kelas. Lalu, kami pergi ke Songgoriti. Jaraknya tidak jauh dari Villa. Kami pun hanya berjalan. Disana, kami berjalan bersama-sama dengan kelas masing-masing. Kelasku adalah Kelas B. Lalu, kami berfoto bersama.
Perjalanan kami lanjutkan ke Selecta. Saat kami tiba di Selecta, aku dan teman n hanya sibuk mengambil gambar. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan ke Jatim Park 1. Sebelum masuk di Jatim Park 1, kami berkumpul untuk mendapatkan tiket. Setelah itu, kami masuk bersama-sama. Aku mengambil gambar sambil berjalan. Setelah berjalan-jalan dan mengambil gambar, kami pun istirahat. Tiba-tiba, aku diajak temanku naik Colombus. Setelah itu, kami berjalan bersama dengan senang hati.  Kami berjalan mencari pintu keluar. Sebelum masuk bus, aku membeli apel. Kemudian, kami memasuki bus. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan ke Coban Rondo. Disana, kami hanya melihat air terjun dan berfoto. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan untuk pulang. Ditengah perjalanan, kami makan malam di Nganjuk pada pukul 21.00. Setelah selesai untuk makan malam, kami melanjutkan perjalanan kami pulang ke Wonosari. Selama perjalanan pulang, aku hanya tidur. Terkadang aku dibangunkan Agnes. Kami tiba di Wonosari pukul 02.30. Aku pun menunggu jemputan di depan gerbang sekolah. Studytour kali ini sangat menyenangkan dan banyak mengukir kenangan indah.

BERITA MENYANGKUT PEMBUBARAN RSBI

Pada Hari Senin, 14 Januari 2013, SMP Negeri 1 Wonosari mengadakan Upacara Bendera seperti biasanya. Bapak Bambang Pracaya, Kepala Sekolah SMP N 1 Wonosari memberikan amanatnya kali ini menyangkut Pembubarannya RSBI oleh MK. Beliau mengatakan bahwa sekolah akan mengalami perubahan atas pembubaran RSBI ini. Perubahan tersebut antara lain adalah gantinya Kurikulum RSBI menjadi kurikulum SSN. Untuk tambahan Billingual, sekolah menunggu keputusan dari Kementrian Pendidikan Nasional. Untuk fasilitas, Sekolah tetap akan meningkatkannya untuk siswa, antara lain kapasitas Internet akan diperluas yang tadinya hanya 2 MB menjadi 10 MB. AC dan LCD tidak akan dilepas/dicabut.
            Lambang-lambang sekolah pada atribut siswa juga mengalami perubahan. Lambang-lambang tersebut diharapkan dilepas dari atribut sekolah, seperti pada seragam batik, topi, dan jas almamater. Sama halnya dengan pendanaan ekstrakulikuler siswa, seperti futsal, renang, karawitan dll juga mengalami perubahan. Sekolah tidak mampu lagi untuk mendanai ekstrakulikuler siswa. Pembayaran SPP ditiadakan. Mata pelajaran Bahasa Jepang pun telah dihilangkan dari sekolah. Guru Bahasa Jepang, Sensei Anggit telah mengundurkan diri menjadi guru Bahasa Jepang. Pengunduran diri tersebut bukan hanya karena pembubaran RSBI, tapi melainkan Sensei butuh waktu banyak di rumah karena anaknya yang sering rewel. Walaupun begitu, sekolah akan mengadakan ekstrakulikuler Bahasa Jepang. Kegiatan Sister school keluar negeri juga akan ditiadakan.
            Pada Upacara Bendera tersebut, sekolah juga memberikan apresiasi kepada siswa siswi yang karya tulisnya seperti puisi dan cerpen telah dimuat di buku sekolah. Sekolah memberikan sebuah buku yang isinya adalah hasil-hasil karya mereka. Kurang lebih ada 30 siswa yang karya tulisnya telah dimuat di buku tersebut. Setelah itu, bapak Bambang membacakan sebuah puisi karya beliau yang berjudul Pelangi di matamu.
            Pada akhir amanat, Bapak Bambang berkata,” Ada atau tidaknya RSBI, kita tidak boleh patah semangat. Justru kita harus meningkatkan semangat untuk menunjukkan bahwa sekolah kita mampu untuk menjadi yang teratas daripada sekolah lain.”

PBA (Project Based Activity) di Wanagama

Saat aku duduk di bangku kelas 7, sekolahku mengadakan kegiatan PBA (Project Based Activity) di Hutan Wanagama. Kegiatan ini dilaksanakan kalau tidak salah pada tanggal 16 Oktober 2011. Kegiatan ini adalah kegiatan yang pertama kali aku lakukan pada saat kami bersekolah di SMP tersebut.
Kami berangkat dari sekolah pukul 08.00 dengan menggunakan kendaraan 8 bus. Jarak sekolah ke Wanagama menurutku tidak begitu jauh. Sampai disana, kami di apelkan terlebih dahulu untuk mendapatkan pengarahan dari Ketua Unit Pengelola Hutan Wanagama. setelah mendapat pengarahan, kami memulai kegiatan kami.

Kegiatan kami disana adalah mengamati hewan dan tumbuhan untuk melengkapi Lembar tugas kami. Tidak lupa kami memotretnya. Kami juga melakukan percobaan Fisika disana. Setelah selesai, kami istirahat dan makan siang. Lalu, kami kembali ke Sekolah dan mengerjakan tugas bersama kelompok yang sudah ditentukan oleh guru kami.